Kamis, 26 Februari 2009

Hebdomas Ca.1920



Hebdomas seperti ini menurut panduan beredar dan popular pada tahun 1920-an, Hebdomas adalah sebuah brand popular Swiss yang pada saat itu banyak mengirimkan produknya ke berbagai Negara, jam pesanan tersebut kemudian disesuaikan dengan keinginan si pemesan. Dari beberapa web site yang menawarkan jam saku hebdomas ini selalu saya temui tulisan pada dial disesuaikan dengan Negara tujuan pengiriman.

Hebdomas yang saya miliki ini pada dialnya memiliki tiga bahasa, bahasa belanda yang di tulis di bawah angka 12 bertuliskan 8 Daags (Belanda), sebelah kiri bawah bertuliskan 8 Jours (Swiss), dan yang unik adalah indeks hari yang ditulis dalam bahasa Indonesia ejaan dulu, min (minggu), Sen (senin), Sel (selasa), Reb (Rabu), Kem (kamis), Djoe (jumat) dan Sap untuk hari sabtu.
Menurut saya kemungkinan jam saku ini dipesan oleh orang Indonesia pada jaman itu atau jam saku ini dulunya dimiliki oleh seorang militer belanda yang sedang bertugas (baca:menjajah) di Indonesia, namun timbul pertanyaan baru seperti kata Bang Iim beberapa waktu yang lalu “sejak kapan penyebutan nama hari dengan senin, selasa, rebo, kemis, djoema dan saptu dipakai?
Spesifikasi :
- Balance terlihat dari sebelah depan dengan bridge yang diukir (exposed balance),
- Fancy Dial, Open Face (OF)
- 7 Jewels
- Day and date
- Center second
- Sterling silver (925)
- Porcelain Dial
- Military style
- Case Back dengan ukiran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar