Sabtu, 21 Februari 2009

Transitional Watch




Arloji ini mempunyai ciri peralihan jam saku (PW) ke jam tangan (WW) ditandai dengan penggunaan wire lug dan indeks penempatan angka yang masih menempatkan angka 12 di bawah pendant sejajar bow, hands (jarum) masih menggunakan tipe Louis XIV, cara menseting dengan menekan tombol yang ada di sebelah bow dengan kuku kemudian meyesuaikan hands dengan waktu yg kita kehendaki. Jam ini juga dilengkapi dengan dust cover (pelindung debu) seperti halnya jam-jam saku pada saat itu.
Movement jam ini masih menggunakan tipe bridge bar dengan cylinder escapement, sedikit cerita mengenai cylinder escapement. Sekitar tahun 1695 cylinder escapement ditemukan oleh Tompion dan lalu dikembangkan oleh George Graham keduanya berasal dari Inggris, cylinder escapement merupakan langkah maju pengembangan dari tipe verge escapement, namun penggunaan cylinder escapement tidak popular hingga Abraham Louis Breguet mengadopsi ide ini dan mempopulerkannya pada akhir tahun 1790an.
Prinsip kerja cylinder escapement sebagai berikut balance wheel berputar karena hair spring, gigi escape wheel yang terletak disamping bawah masuk kedalam tabung cylinder di bawah balance wheel. Tipe Cylinder escapement tidak menggunakan fork (lever) untuk men start stop escape wheel.
Spesifikasi
- Porcelain Dial
- Louis XIV hands
- Cylinder escapment
- Wire lug
- Open face
- Nail/pin set
- Ca. 1910
- Solid Gold 14K
- Transitional Model
- Anonimus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar